Popular Post

Posted by : Unknown Senin, 09 Juni 2014

Apakah anda mengetahui manfaat daun pepaya untuk kesehatan? Masyarakat Indonesia lebih mengetahui manfaat buah pepaya dari pada manfaat daunnya. Padahal manfaat dari daun pepaya sangat luar biasa bagi kesehatan.

Tahukah anda jika daun pepaya mengandung senyawa yang baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti demam berdarah dan kanker. Tidak hanya itu, berikut ini adalah beberapa kandungan dan manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun pepaya.

Kandungan Daun Pepaya

Daun Pepaya memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Vitamin B, C, A, D dan E. Selain itu daun pepaya juga mengandung Flavonoid. Flavonoid ini  merupakan antioksidan yang cukup kuat untuk mencegah kanker, penyakit jantung.


manfaat daun pepaya
Manfaat Daun Pepaya

Betakaroten yang terkandung pada daun pepaya ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah daun pepaya membantu menyembuhkan gangguan pencernaan. Daun pepaya ini mempunyai kemampuan untuk melawan bakteri-bakteri yang dapat menimbulkan masalah perut.

Hal tersebut bisa terjadi karena daun pepaya mengandung karpain yang mampu membunuh bakteri. Selain itu daun pepaya juga mengandung banyak sekali enzim protase, enzim amilase dan papain. Kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk memecah karbohidrat dan protein.

Jika anda mempunyai masalah dengan peradangan pada lambung dan usus, daun pepaya juga bisa digunakan. Di negara-negara lain, teh dari daun pepaya banyak digunakan untuk meredakan sakit akibat peradangan usus dan lambung.

Memecah Gluten

Apakah gluten itu? Gluten adalah senyawa zat protein yang lengket dan biasanya terdapat pada beberapa produk makanan. Biasanya yang berbahan dasar gandum. Gluten ini dapat menyerang usus kecil dan menyebabkan gangguan pada usus untuk menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Salah satu manfaat daun pepaya ini adalah memecah gluten dari produk makanan yang kita konsumsi. Sehingga tubuh dapat dengan mudah mencerna gluten didalam tubuh kita.

Mencegah Kanker

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah mencegah dan membunuh sel-sel kanker. Hal ini disebabkan daun pepaya memiliki kandungan acetogenin.

Banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat dari daun pepaya untuk kesehatan. Salah satu negara yang melakukan penelitian adalah negara Jepang. Menurut hasil penelitian, daun pepaya sangat efektif untuk menyembuhkan kanker.

Dari beberapa orang yang sembuh dari kanker, mereka mempunyai kebiasaan untuk mengkonsumsi teh yang terbuat dari daun pepaya.

Hasil yang sama juga ditunjukkan oleh penelitian yang di lakukan oleh Universitas Florida. Hasil penelitian menunjukan bahwa daun pepaya mengandung agen yang dapat membunuh kanker. Terutama kanker pada leher rahim dan paru-paru.

Jika kita menelusuri sejarah di negara Australia. Suku asli Australia Aborigin telah menggunakan daun pepaya untuk penyembuhan kanker. Jika anda tidak terlalu menyukai rasa dari daun pepaya, anda bisa menggunakan daun manggis untuk mengobati dan mencegah kanker.

Baca : Khasiat daun manggis

Mengobati Jerawat

Apabila anda termasuk orang yang mempunyai jerawat, anda tidak perlu khawatir. Salah satu manfaat daun pepaya adalah mengobati jerawat. Caranya pun cukup mudah, anda bisa mengeringkan daun pepaya. Lalu, buatlah pasta dengan cara memblender daun pepaya yang di campur dengan sedikit air.

Gunakan pasta yang terbuat dari daun pepaya tersebut sebagai masker. Biarkan masker tersebut mengering dan bilas dengan air bersih.

Meningkatkan Trombosit

Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa teh yang terbuat dari daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit. Jika anda mengalami trombosit rendah karena kekurangan vitamin, menjalani kemoterapi dan demam berdarah. Daun pepaya bisa anda gunakan untuk meningkatkan trombosit.

Meringankan Nyeri karena Datang Bulan

Untuk meringankan nyeri karena datang bulan, anda bisa merebus daun pepaya dalam 1 liter air selama 15 menit. Untuk menambahkan rasa, anda bisa menambahkan Jus. Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari untuk meredakan nyeri karena datang bulan.

Mengatasi Sembelit

Jika anda menderita sembelit atau susah buang air besar. Daun pepaya juga bermanfaat sebagai laksatif atau pencahar. Buatlah teh kental dengan menggunakan daun pepaya sebagai pencahar.

Mengobati Demam Berdarah

Salah satu manfaat daun pepaya adalah mengobati flu, pilek, meriang dan demam berdarah. Untuk mengobati demam berdarah, daun pepaya juga diolah menjadi teh.

Masalah Kulit

Untuk mengatasi masalah kulit seperti infeksi jamur, kutil, bekas luka dan bintik-bintik hitam, anda bisa menggunakan daun pepaya yang di olah menjadi masker. Kandungan enzim papain, enzim lisozim dan khimoprotein yang terdapat pada daun pepaya dapat mengatasi permasalahan kulit tersebut.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam daun pepaya sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan stroke.

Kelebihan yang dimiliki oleh daun pepaya adalah daun ini sanggup menghasilkan “Th1”. Sebuah sitokin yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan sel-sel kanker.

Anti Penuaan

Daun pepaya juga mengandung lebih dari lima puluh lebih asam amino. Asam amino ini sering digunakan dalam produk-produk kecantikan untuk anti penuaan.

Semoga artikel kami tentang 11 manfaat daun pepaya ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kesehatan anda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © CiputMput - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -